Penyebab kanker darah leukemia

Penyebab penyakit kanker darah. Kanker darah

atau

leukemia

adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam, ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi

hematopoiesis

atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Kata leukemia berarti darah putih, karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya

Penyebab kanker darah atau leukemia

Penyebab

leukemia

belum diketahui secara pasti, namun diketahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, seperti

1. Paparan Kimia

Paparan bahan kimia berbahaya adalah salah satu

faktor

risiko utama penyebab kanker darah. Bila memungkinkan, hindari situasi yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam kegiatan sehari-hari Anda. Ini mencakup – dan tidak hanya terbatas pada – pestisida, benzena (hadiah kimia dalam gas tanpa timbal), herbisida, dan insektisida. Contoh yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah aneka makanan yang Anda konsumsi. Sayur dan buah-buahan semua dikembangkan dengan penggunaan berbagai macam bahan kimia. Seperti penggunaan pupuk kimia, pembasmi hama dengan zat kimia, bahan pengawet, dan lain-lain.

Anda bisa sedikit

menghindari

dengan konsumsi bahan makanan secara alami, yaitu dengan mengonsumsi sayur dan buah organik. Walaupun harganya lebih mahal, tapi sayur dan buah organik bebas dari residu bahan kimia dan bernutrisi lebih tinggi daripada sayur dan buah konvensional atau nonorganik. Jika Anda harus terkena bahan kimia, berusahalah untuk meminimalkan kontak dengan kulit secara langsung dan memakai masker untuk mencegah inhalasi (penghirupan zat kimia). Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik.

2. Radiasi

Penyebab

kanker darah

berikutnya adalah paparan radiasi yang mengenai tubuh secara kontinyu. Paparan radiasi tingkat tinggi juga merupakan faktor risiko umum penyebab

kanker darah

. Paparan radiasi ini tidak hanya mencakup individu yang terkena radiasi akibat dari pekerjaan (misalnya, Anda yang bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir), tetapi juga meliputi individu yang menjalani prosedur medis seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

3. Kebiasaan yang Tidak Sehat

Merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi merupakan salah satu penyebab

kanker darah

berikutnya. Jika Anda mempunyai kebiasaan yang tak sehat ini, segeralah kurangi atau hentikan.

Tips menghindari kanker darah

1. Olahraga Teratur

Menurut American Cancer Society (ACS), olahraga teratur terbukti mampu mengurangi risiko

kanker.

ACS merekomendasikan minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, dilakukan minimal lima hari per minggu. Latihan seperti jalan cepat, jogging, latihan kekuatan, atau berenang. 30 menit per hari adalah titik awal yang baik. Ingatlah bahwa latihan lebih banyak berarti lebih baik.

2. Diet

Para ilmuwan juga mencatat bahwa diet yang sehat dapat membantu mencegah perkembangan kanker, termasuk

kanker darah

. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta meminimalkan

konsumsi

lemak – khususnya lemak hewan. Jaga berat badan pada kondisi yang ideal atau normal. Ingat bahwa obesitas merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Anda juga bisa menghindari konsumsi makanan kaleng. Usahakan untuk lebih memilih makanan yang segar.

(source : http://www.anneahira.com)

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 50 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*